Mengenalkan Alam Kepada Anak

Musim liburan sekolah akan segera tiba, Anda ingin mengajak si buah hati berlibur tapi bingung memutuskan untuk berlibur sekaligus memberikan edukasi untuk anak Anda? Mungkin inilah saatnya bagi Anda untuk mengenalkan alam pada anak Anda sambil berlibur, tentunya akan sangat menyenangkan dan mungkin akan menjadi pengalaman berharga bagi Anda dan si buah hati.

Di zaman penuh dengan TV, komputer, dan gadget, anak-anak terisolasi dari kesenangan sederhana menjelajahi alam. Begitu juga di sekolah, pada saat belajar di kelas maupun kegiatan ekstra kurikuler, anak-anak hanya mendapat sedikit waktu untuk bermain di luar. Dan jika mereka bisa melakukan hal itu, hampir tidak ada ruang hijau tersisa untuk mereka nikmati terutama di kota-kota besar.

(Klik disini : Snorkeling seru di Pulau Pari)

Penulis Richard Louv, dalam bukunya, Last Child in the Woods: Saving Our Children from Nature-Deficit Disorder menyebutkan bahwa rasa isolasi secara radikal mempengaruhi anak-anak kita. Menurut dia, hal ini merugikan kesehatan fisik dan mental dan menghambat kreativitas mereka. Bahkan, dia telah menciptakan istilah “Nature-Deficit Disorder” (Gangguan Defisit Alam) untuk mendeskripsikan fenomena ini.

Mengapa anak harus terhubung dengan alam

  • Berada di luar ruang membantu menciptakan rasa ingin tahu pada anak-anak, dimana mereka dapat membawanya ke aspek lain dari kehidupan mereka
  • Berada di alam membantu anak-anak untuk menjadi lebih sadar. Alam memberi anak kesempatan untuk melibatkan semua panca indera mereka untuk persepsi.
  • Kehidupan modern terlalu ketat dan menghilangkan kesempatan anak-anak mengekplorasi dan belajar sendiri. Dalam konteks ini, peran alam untuk merangsang keingintahuan mereka bahkan menjadi lebih penting
  • Menurut para pendidik, kesempatan untuk menjelajahi alam membantu anak-anak meningkatkan rentang perhatian dan kapasitas belajar mereka.
  • Penelitian telah membuktikan bahwa paparan terhadap ruang terbuka hijau membantu mengurangi gejala Attention Deficit Disorder (gangguan deficit perhatian) pada anak-anak.
  • Aktivitas luar ruang menawarkan anak-anak kesempatan untuk menghirup udara segar dan berolahraga. Keduanya penting untuk membantu anak-anak tetap sehat secara fisik dan mental.
  • Berada di alam dan menikmati alam adalah bagian penting dari perkembangan anak-anak.
  • Degradasi ekologis merupakan realitas yang disayangkan saat ini. Pemeliharaan ikatan antara anak dan alam adalah penting untuk memastikan bahwa generasi yang akan datang tumbuh dengan menghargai alam.

(Klik disini : Rafting Seru 12 KM Sungai Cicatih)

(Klik disini : Wisata Gunung Bromo Murah)

Apa yang dapat Anda lakukan

Banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk mengenalkan alam pada anak, karena sebentar lagi musim libur akan tiba, mungkin inilah saat yang tepat untuk mengenalkan anak Anda pada alam.

Mulailah sedini mungkin

Jika Anda sendiri mencintai alam, sangat mudah untuk mengembangkan cinta itu pada anak-anak Anda. Kenalkan mereka ke dunia alam dari saat mereka masih muda. Ajak mereka untuk bermain di taman atau kebun, Anda bisa mengajaknya sambil berlibur, misalnya ke Kebun Raya Bogor, Eco Park Ancol, atau bahkan ke hutan lindung di taman nasional. Biarkan mereka mengambil dan mengamati daun, bunga, batu, dan lain-lain. Tunjuk dan sebutkan nama-nama pohon, serangga, burung dan hewan kepada mereka.

Gunakan semua panca indera

Anak-anak bisa belajar dengan merasakannya secara langsung, melalui penglihatan, suara, sentuhan, aroma dan rasa. Rasakan tekstur daun atau lumut, bau lumpur dan mendengarkan dengan mata tertutup untuk suara angin. Berbaring terlentang untuk mengamati awan dan membuat gambarnya, atau rasakan hujan. Untuk anak-anak yang lebih muda, buatkan mereka “teropong” dari dua tempat tisu toilet yang sudah tidak terpakai dan rekatkan dengan isolasi. Ini bisa membantu mereka untuk fokus hanya pada satu burung di semak-semak atau satu ulat. Anak-anak yang lebih tua mungkin bermain dengan menebak bau-bauan dari alam dengan menutup mata. Jangan lupa malam hari, berjalan dengan senter atau berbaring untuk memandang bintang-bintang. Pada malam hari, Anda mendengar lebih banyak dan indera Anda meningkat.  Hal ini bisa Anda lakukan di pekarangan rumah Anda atau ajak keluarga Anda untuk berkemping di tempat berkemah seperti di Bumi Perkemahan Cibubur, atau jika Anda ingin merasakan kemping dengan fasilitas seperti hotel Anda bisa mencobanya di tempat-tempat kemping seperti Resort Camp Site Rumah Dua yang terletak di kawasan Taman Safari, Cisarua dan Tanakita 5 Star Camp Site di hutan lindung Situ Gunung, Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango, Sukabumi.

Libatkan mereka di taman atau kebun

Sebuah cara yang bagus untuk membantu anak-anak terhubung ke alam adalah meminta mereka untuk membantu di kebun, jika Anda mempunyai kebun di rumah tentu akan sangat bagus, tapi jika Anda ingin mengajarkan anak Anda sambil liburan mungkin Anda bisa memilih tempat liburan yang mengajarkan mereka untuk berkebun seperti di Kandang Jurang Doank di daerah Tangerang, Desa Pancawati Bogor, dan lain-lain. Hal ini akan membawa mereka berhubungan dengan tanah dan mereka akan menghadapi berbagai jenis serangga, cacing dan makhluk menarik lainnya. Merawat tanaman, dan melihat meraka tumbuh dan berkembang, adalah kesempatan bagus bagi mereka untuk mengetahui siklus penciptaan tangan pertama. Anda juga dapat membantu mereka mengatur makan burung atau kupu-kupu di kebun.

Bawa meraka ke alam liar

Jadikan perjalanan ke alam liar menjadi bagian biasa dari tahun-tahun pertumbuhan mereka. Rencanakan piknik dan tamasya ke tempat alam di sekitar kota Anda. Kenalkan mereka kesenangan hiking. Menghabiskan liburan dengan mengunjungi taman nasional atau cagar alam seperti Gunung Gede Pangrango, Ujung Kulon, Kepulauan Seribu, Karimun Jawa, Bromo Tengger Semeru, dan lain-lain, di mana anak-anak dapat melihat binatang liar di lingkungan alami mereka.

Bangkitkan rasa ingin tahu mereka

Dorong anak Anda untuk mengamati hal-hal di sekitar mereka. Berikan mereka buku-buku dan DVD tentang alam dan satwa liar. Jadikan liburan kali ini dengan mengajak mereka bersama ke museum atau perpustakaan. Lebih baik lagi, ajak mereka ke kebun binatang seperti, Kebun Binatang Ragunan, Taman Safari, atau ke taman nasional dan cagar alam, agar mereka bisa melihat secara langsung kehidupan liar hewan di habitat mereka.

Berikan mereka hobi

Sebelum mengajak Anak Anda berlibur ke alam seperti ke taman nasinal ada baiknya Anda menyiapkan hadiah untuk mereka seperti lensa pembesar, teropong, atau teleskop sederhana untuk meningkatkan kenikmatan mereka terhadap alam. Dorong mereka untuk mengamati hal-hal yang mereka lihat dan merekamnya. Ajarkan meraka untuk membuat catatan. Biarkan dia membuat sketsa dari apa yang mereka lihat. Berikan anak yang lebih tua kamera sederhana, jika mereka menunjukkan kecenderungan untuk fotografi. Belikan anak-anak Anda panduan lapangan untuk binatang umum, burung, serangga atau pohon di daerah Anda, identifikasi tumbuhan dan hewan yang mereka lihat selama perjalanan akan membantu meningkatkan pengetahuan dan membuat kegiatan yang menjadi gairah seumur hidup.

Ajarkan mereka untuk melestarikan Alam

Ketika mereka bertambah tua, ajarkan anak-anak untuk menghargai alam. Dorong mereka untuk mengadopsi praktek-praktek konservasi. Lebih penting lagi, Anda yang memberi contoh. Jelaskan kepada anak-anak bagaimana hal-hal kecil seperti menggunakan air dengan bijaksana dan mematikan lampu jika tidak dibutuhkan dapat berkontibusi terhadap pelestarian alam.

Dengan mengajak anak-anak Anda untuk mengenal Alam sambil berlibur tentunya akan sangat menyenangkan buat mereka, sehingga akan membuat mereka menikmati alam dan ke depannya diharapkan dapat membuat mereka menghargai alam sehingga tidak hanya akan membantu mereka menjadi warga Negara yang bertanggungjawab, tapi bahkan lebih yaitu akan membuat mereka menjadi penjaga planet kita, Bumi.

Courtesy : wanitamagz.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s