Rasakan Stroberi sebelum Nikmati Sunrise Bromo, Begini Rasanya

Pengunjung Gunung Bromo dari arah Probolinggo, tak hanya bisa menikmati panorana alam matahari terbit (sunrise), atau lainnya. Lebih dari itu, mereka juga bisa menikmati wisata petik buah stroberi.

Lokasinya di Desa Jetak, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo. Di sini, wisatawan bisa memetik buah stroberi, dan menikmatinya di beberapa gazebo yang telah disediakan. Posisinya juga di tepi jalan menuju Gunung Bromo.

Dengan posisi strategis tersebut, tak sulit bagi pengunjung menemukan wisata agro yang baru ada beberapa tahun lalu ini. Wisata agro ini berjarak sekitar 2,5 kilometer sebelum memasuki kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).

Kebun dengan luas total sekitar 5 hektar yang dikelola secara berkelompok itu, mendapat dukungan pemerintah desa setempat. Bahkan Kades Jetak, Kermat, juga menjadikan lahannya sebagai kebun stroberi.

Camat Sukapura, Bambang Yulius mengatakan pihaknya ingin mendorong desa-desa lain di kawasan Gunung Bromo membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDES). Badan ini, bisa mengelola tanah-tanah desa, dan dimanfaatkan menjadi kebun stroberi atau kopi.

Dengan seperti itu, wisata agro sebagai alternatif Gunung Bromo bisa tumbuh subur di Kecamatan Sukapura. “Nanti ada wisata kebun stroberi, kopi, dan sebagainya,”

Sumber : Timesindonesia.co.id
Foto : matajatim.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s