7 Alasan Mengapa Kita Harus Naik Kereta Api

Meski perjalanan menggunakan kereta memang lebih memakan waktu, namun ada banyak keunggulan yang membuat kereta layak menjadi pilihan utama transportasi.

7 Alasan Mengapa Kita Harus Naik KeretaKA Lodaya jurusan Bandung-Solo Balapan. (http://www.kereta-api.co.id)

Perjalanan menggunakan kereta memang lebih memakan waktu. Kereta juga tidak bisa membawa Anda ke mana saja. Kereta tak dapat menyeberangi lautan, dan masih banyak daerah-daerah yang belum memiliki akses kereta api. Tetapi di luar itu, ada banyak keunggulan yang membuat kereta layak menjadi pilihan utama transportasi. Berikut ini tujuh alasannya:

1.  Lebih hemat

Meskipun agak lambat jika dibandingkan dengan pesawat, kereta api menawarkan harga yang lebih murah. Harga tiket kereta umumnya juga lebih stabil, sehingga Anda bebas berpergian kapan saja dan tak perlu mengecek tren harga seperti yang biasa dilakukan jika hendak membeli tiket pesawat.

2.   Fleksibel dan simpel

Suasana di depan loket tiket ...Suasana di depan loket tiket Stasiun Jebres. (http://www.kereta-api.co.id)

Kereta jarak jauh memang mengharuskan penumpangnya memesan tiket dari jauh-jauh hari, tetapi tidak demikian dengan kereta jarak dekat. Anda tinggal datang ke stasiun terdekat dan beli tiket untuk kereta selanjutnya. Selain itu, naik kereta juga jauh lebih simpel dibandingkan naik pesawat. Anda tak perlu datang minimal dua jam sebelum keberangkatan dan melakukan hal berbelit-belit seperti check-in, pengecekan keamanan, serta mengantri ini itu. Selamat datang di dunia kereta api! Anda bisa datang 30 menit sebelum keberangkatan, melewati pemeriksaan karcis, dan langsung bersiap naik kereta.

3.  Ramah lingkungan

Dengan memilih kereta api sebagai alat transportasi, berarti Anda turut membantu menyelamatkan planet kita dari pemanasan global. Pasalnya, kereta api merupakan kendaraan umum yang paling hemat energi dan emisi yang dihasilkan pun paling minim.

4.  Leluasa dan nyaman

Kereta api cenderung bergerak dengan halus dan minim turbulensi, sehingga resiko mabuk perjalanan sangat kecil. Selain itu, dengan naik kereta api, Anda tak akan terjebak di tempat duduk selama berjam-jam seperti jika Anda naik pesawat. Anda bebas berjalan-jalan dari gerbong depan sampai paling belakang, sesering apa pun. Biarkan masinis bekerja, sementara Anda bebas makan, minum, tidur dan meluruskan kaki. Satu hal yang paling penting, Anda juga bebas mengaktifkan gawai dan berselancar di dunia maya sesuka hati tanpa ada peringatan keselamatan.

5.  Bebas macet

Menggunakan kereta api, khususnya untuk transportasi jarak dekat, membuat Anda terbebas dari kemacetan. Dengan jadwal yang teratur dan tepat waktu (Ehem!), Anda bisa sampai ke tempat tujuan tanpa harus menghabiskan energi untuk bersungut-sungut di jalanan yang macet.

6.  Lebih dari sekedar transportasi

Bepergian dengan kereta api bisa mengusir stres. Sepanjang perjalanan, Anda bakal disuguhi berbagai lanskap dan potret kehidupan masyarakat. Adakalanya, kereta melintasi kawasan perkotaan, di lain waktu melintasi sungai, pedesaan, atau area persawahan dengan latar belakang gunung. Kereta api lebih dari sekedar transportasi. Perjalanan dengan kereta api bahkan bisa menjadi liburan itu sendiri.

7.  Harry Potter

Platform 9 3/4 dan troli ...Platform 9 3/4 dan troli barang. (Thinkstock)

Yap! Kalau Harry Potter dan teman-temannya saja naik kereta api menuju Hogwarts, kita juga harus naik kereta, walaupun kita bukan naik Hogwarts Express.

Sumber : nationalgeographic.co.id

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s