Tempat Rafting Terbaik di Indonesia

Buat kamu yang mengaku berjiwa petualang dan pencinta Adrenaline Rush tentunya olah raga Arung Jeram tidak asing lagi bukan. Bersyukur Indonesia adalah negeri yang kaya potensi alam berupa sungai, sehingga wisata arung jeram mudah kita jumpai dimana-mana hampir diseluruh wilayah Indonesia. Berikut informasi  beberapa tempat Rafting terbaik di Indonesia yang wajib kamu cobain.

Sungai Alas Aceh

sungai-alas-aceh
Foto : Indonesia Tourism

Sungai Alas sendiri terletak di dalam Taman Nasional Gunung Leuser, sedangkan untuk menuju ke lokasi, kamu membutuhkan waktu sekitar 14 jam dari Banda Aceh.

Alur sungai dengan tingkat kesulitan grade 3-4 dan diisi berbagai belokan yang tajam ini sangat cocok buat kamu yang ingin memacu adrenalin. Kamu juga bisa menikmati keindahan hutan tropis yang sangat indah di sepanjang sungai.

(Klik Disini : Paket HEmat Rafting 12 KM Sungai Cicatih)

Sungai Cikandang Garut

img_20120208161738_4f323db2969aa
Foto : Travel Detik

Sungai Cikandang yang berhulu di kaki Gunung Papandayan dan bermuara di Cijayana ini memiliki panjang sekitar 28 KM dan kamu membutuhkan waktu sekitar 5 jam untuk mengarungi sungai ini. memiliki tikat Grade 3-4 dan kemiringan Sungai yang lumayan Ekstrim. Jadi kalau mau coba, persiapkan fisik dan mental dulu hehe..

(Klik Disini : Paket Hemat Outbound Sukabumi)

Sungai Cicatih Sukabumi

img_5631
Foto : Dok Pribadi

Sungai Cicatih berlokasi di Sukabumi, Jawa Barat dan merupakan surga bagi pecinta arung jeram. Dengan tingkat kesulitan di Grade 3 (Intermediate) – 4 (Ekstrim) maka sungai ini cocok bagi siapa pun yang ingin merasakan serunya arung jeram. Panjang rutenya bervariasi mulai dari 9 KM, 12 KM dan 26 KM.

SUngai Pekalen Probolinggo

sungai-pekalen-probolinggo
Foto : SOnga Adventure

Lokasi sungai tepatnya berada di Desa Ranu Gedang, kecamatan Tiris.  Sungai Pakelan sendiri dibagi menjadi dua jalur yang terdiri dari pakelan atas dan pakelan bawah. Untuk jalur pakelan atas, lebih direkomendasikan buat kamu yang sudah lebih profesional dan menyukai arus yang lebih deras serta ekstrim. Sedangkan pakelan bawah, dengan arus yang lebih stabil lebih direkomendasikan untuk pemula.  Waktu yang dibutuhkan dari jalur start menuju finish adalah sekitar 1,5 jam.

Sungai Memberamo Papua

Sungai Memberamo berlokasi di sebelah selatan Pegunungan Foja, Kabupaten Sarmi, Papua. Sungai ini disarankan pengarung profesional dengan tingkat skill tinggi. Itu karena sungai ini memiliki tingkat kesulitan sampai Grade 6 (Expert). Debit air di sungai ini mencapai 5.500 meter kubik per detik. Panjang sungai ini sekira 670 km dengan lebar 520 meter dan termasuk sungai terlebar serta terpanjang di Indonesia. Air sungainya berasal dari pertemuan tiga anak sungai yaitu Tariku, Van Daalen dan Taritatu. Sungai ini masih terbilang belum terkenal karena terlalu ekstrim namun bagi penggila rafting, sungai ini bisa jadi masuk agenda mereka berikutya.

Advertisements

2 thoughts on “Tempat Rafting Terbaik di Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s