Hijab Traveler Goes To Seoul (Part 1)

My experience as a muslim with hijab traveller in Seoul 🙂

Tips memilih transport dari Incheon Airport ke hotel/hostel, menurut saya sih tergantung bawaan. Kalau koper besar dan bawaan banyak, naiklah bis saja. Saya hendak ke 24 Guesthouse yang lokasinya dekat City Hall dan saya bawa koper besar tapi saya nekat naik kereta (Arex Express Train). Arex Express Train langsung ke Seoul Station hanya makan waktu 43 menit dan saya harus ganti kereta ke line 1 dan turun di City Hall Station yang hanya jarak satu stasiun saja. Hasil browsing-browsing sebelumnya, subway station di Seoul tidak semuanya dilengkapi dengan lift atau escalator, jadi saya membayangkan saat harus naik tangga dan gotong koper rasanya tidak mungkin karena koper saya besar.

Tetapi saya spekulasi karena City Hall Station adalah subway station yang cukup besar saya nekat saja dan hasilnya, saya hanya harus gotong koper saat turun tangga di Seoul Station hendak transfer ke City Hall Station, dan TURUN tangga, bukan naik Tangga.  Jadi saya selamat ! 🙂

arex-train
Arex Train Seoul

Jika memutuskan untuk naik kereta ke pusat kota saat tiba di Incheon seperti saya, konter Arex Train menawarkan paket Express Train ke Seoul Station plus T Money card. Jika ingin kemana-mana naik subway maka kita butuh T Money card karena tidak praktis untuk keluar masuk subway station dan harus beli tiket single journey untuk tiap perjalanan. T money card bisa direfund saat kita hendak meninggalkan Korea di minimart Korea seperti GS25. Jika ingin refund, lakukanlah saat masih di kota, bukan setelah sampai di Incheon airport. karena susah cari minimart tsb di Incheon Airport. Oh ya, satu lagi, jika T Money anda bermasalah saat hendak keluar subway station seperti pengalaman saya, carilah petugas subway station, biasanya mereka punya counter sendiri atau kantor sendiri dan mereka akan membantu kita karena mungkin hal tsb cukup biasa.

Hebatnya Korea Selatan adalah mereka mempromosikan banyak tempat wisata yang dekat (pusat kota) dan sistem transportasi yang nyaman dan aman. Subway system Korea khususnya di Seoul adalah yang terbesar dan terkompleks jaringannya di dunia. Pengalaman saya, keretanya selalu cepat datang, wifi gratis hampir selalu tersedia, tidak ada larangan makan minum seperti di Singapura (penting hehehe) dan mudah dimengerti bahkan untuk yang suka nyasar seperti saya. Download saja appnya: Subway Korea by Malang Studio mudah digunakan daripada bawa peta subway hardcopy.

Budget untuk beli Arex Express Train + T Money = 6.900 KRW atau sekitar 87.630 IDR.

Saya mengisi T Money dengan 10.000 KRW atau sekitar 127.000 IDR di Seoul Station untuk sekitar 1 minggu perjalanan dalam kota di Seoul dan masih sisa banyak.

Jika memutuskan untuk naik taksi, saya dari City Hall ke Incheon airport menghabiskan 88.400 KRW atau 1.122.680 IDR.

Akomodasi

Saya rekomen nginap di 24 Guesthouse, yaitu jaringan hostel yang tersebar di Seoul dengan lokasi yang strategis. Buat orang Indonesia seperti saya, nginap di kamar hostel seperti ini sudah sangat cukup dan saya tidak cerewet karena kamarnya sempit dsb karena sesuai dengan tarifnya 🙂 Buat saya yang terpenting adalah kamarnya private dan kamar mandinya juga private. Lebih murah lagi jika travelling berdua, karena ada kamar private dengan bunk bed yang bisa ditempati berdua dengan tarif 500rb an daripada harus sharing dengan orang asing pada kamar dengan bunk bed berisi 6 orang.

 

 

Saya nginap di 24 Guesthouse City Hall, yang baru dibuka jadi bangunannya masih bagus, saya ambil yang private room, private bathroom dan dapat breakfast. Lokasinya juga sangat strategis, begitu keluar exit 1 City Hall Station, di sebelah kanan ada minimart GS25, tinggal belok kanan saja ikuti arah GS25 dan langsung ketemu bangunannya, jadi aman bahkan untuk yang mudah nyasar seperti saya!

Budget penginapan: 515.000 IDR/malam.

Bersambung………